Another World


16 Sep 2020, 15:52 Harry Ridwan Dibaca : 751


Culinary Expert

makan1
makan2
makan3

 

 

 

SHOOT LIKE MIKE!

Menembak bola basket tampak sederhana dan indah dilihat, namun bukan berarti hal tersebut mudah untuk dilakukan. Setiap orang menembak dengan caranya masing-masing. Walaupun begitu, ada prosedur umum yang harus dipahami dan diikuti oleh seorang shooter untuk memaksimalkan hasil tembakan mereka :

  1. Tekukkan lutut setengahnya sebelum menembak untuk menambah kakuatan saat menembak
  2. Jari-jari pada tangan dominan harus dalam posisi meregang
  3. Hanya bagian ujung jari yang diperbolehkan untuk mencengkram bola
  4. Tangan yang lain hanya digunakan sebagai penahan (support) pada bagian samping
  5. Bola harus diangkat di atas kepala dalam satu gerakan
  6. Pada titik ini, sudut antara ketiak, siku, dan pergelangan tangan berada pada posisi 900
  7. Saat meluruskan lutut (ekstensi), luruskan lengan atas dan lengan bawah anda, dan lecutkan pergelangan tangan anda
  8. Pastikan pergelangan tangan membentuk gerakan “follow through”  

 

Tips dalam menyempurnakan tembakan:

  1. Selalu memperhitungkan jarak antara anda dan ring basket
  2. Menembak dengan membentuk suatu lengkungan (arc). Hal tersebut dapat meningkatkan akurasi
  3. Bidik bagian dalam ring yang terjauh dari tempat anda berdiri
  4. Gunakan screen dan offensive-plays untuk membuka ruang
  5. Cengkram bola basket dengan erat hanya dengan jempol dan jari kelingking
  6. Bidik hanya dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah
  7. Jangan pernah ragu-ragu dan khawatir tembakan anda akan terblok

And remember guys, practice makes perfect….

 

Rd. Bayu Gurmilang






 

PENDIDIKAN DOKTER DI TIMOR LESTE

 

Setelah berpisah dari Indonesia melalui  Referendum pada tahun 1999, Timor Leste (TLS) berdiri sebagai negara baru  di kawasan Asia, dengan jumlah penduduk kurang dari 1 juta orang. Seperti  hanya dengan negara lain di kawasan Asia, TLS tergolong negara miskin, bahkan dari data PBB yang dikeluarkan di tahun 2000 TLS termasuk  dalam lima negara termiskin di dunia. Pada pemerintahaan pertama , dibawah kekuasaan partai  FRETELIN ( salah satu partai terbesar dan tertua di TLS ) yang sedikit berhaluan kiri, menjalin  hubungan dengan banyak negara2 di dunia, terutama negara2 berpaham sosialis, seperti Cuba, Cina dan Korea utara.  Salah satu negara sosialis yang banyak membantu pada masa pemerintahan pertama TLS adalah negara Cuba. Bantuan yang diberikan  diberbagai bidang, diantaranya pendidikan, pertanina dan kesehatan . Dibidang kesehatan, Cuba memberikan bantuan cukup signifikan, pada tahun 2000, bantuan diawali dengan pengiriman hampir 300 orang dokter yang disebarkan di seluruh pelosok TLS. Tugas para dokter ini selain memberikan pelayanan medis, mereka juga menjalankan  “pendidikan” kedokteran kepada putra putri di tempat mereka bertugas yang memenuhi syarat. Seperi prinsip negara Cuba ( yang sosialis ) bahwa bila setiap dokter ang dikirim ke negara lain, mereka  masing-masing harus mendidik salah satu  putra setempat untuk menjadi  dokter guna menggantikan bila tugas mereka selesai. Masing-masing dokter cuba bertugas maksimal 2 tahun dan selanjutnya diteruskan kelompok yang lain. Jadi  setiap dua tahun dokter Cuba selalu bergantian dikirim ke TLS untuk melanjutkan pendidikan yang telah dirintis oleh pendahulu mereka.

Pada tahun 2002 mereka mengusulkan secara resmi kepada pemerintah untuk membuka Fakultas Kedokteran di Universitas Timor Leste ( UNTL ), namun karena fasilitas tidak mendukung, maka semua mahasiswa yang terseleksi diberangkatkan ke Cuba ( angkatan pertama 20 orang ), dimana semua biaya ditanggung pemerintahan Cuba. Target pemerintah sendiri adalah bahwa pada tahun 2020 setiap desa di TLS harus sudah mempunyai minimal seorang dokter. Sampai sekarang setiap tahunnya dikirim sekitar 20-30 mahasiswa ke Cuba.




 Andreade Monteiro de la Cruz