Welcome, English Club !


18 Sep 2020, 19:47 Harry Ridwan Dibaca : 1,002


Welcome, English Club !

 

 

 

“What’s your name? How do you spell that? What’s medication are you on, Sir?”. Demikianlah beberapa kalimat yang terdengar diucapkan berulang-ulang di ruangan konferensi Kardiologi pada hari Selasa pk.18.30, 15 Januari 2012 lalu. Hari itu adalah acara English Club perdana yang diikuti oleh para PDDS Kardiologi (Korejaters). English Club perdana tersebut dipimpin dengan semarak oleh mentor English yang supel nan jenaka, Mr.Jim, ekspatriat asal Amerika Serikat yang sudah bermukim di Bandung selama 18 tahun. Tercatat sebanyak 22 Korejaters hadir dalam acara tersebut dan semuanya antusias melatih lidah ‘Nusantara’ mereka menjadi beraksen ‘English-like’ dibawah bimbingan Mr.Jim yang telaten. Korejaters memang banyak yang ceriwis dan pe-de, sehingga bisa terbayang kan betapa riuhnya ruangan kelas pada malam itu, walaupun sebagian besar Korejaters telah lelah akan tugas studi dan pelayanan sepanjang hari.

 

                English Club merupakan wahana bagi Korejaters untuk mengasah dan melatih keterampilan berbahasa Inggris secara aktif, terutama dalam berbicara bahasa Inggris dengan pemilihan kata dan peengucapan yang tepat. Mungkin kebanyakan Korejaters sudah terbiasa dalam aktivitas membaca dan mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris (passive English). Namun kesempatan untuk berbicara dalam bahasa Inggris dalam aktivitas sehari-hari terbilang minim, walaupun ada ya berbicaranya ala kadarnya, yakni tidak ‘sepenuhnya English’ baik dalam lafal pengucapan maupun pemilihan kata yang tepat. Untuk itulah para Korejaters, melalui seksi pendidikan Korejat dan chief resident, menyampaikan aspirasi ini kepada staf Departemen Kardiologi, terutama kepada Kepala Program Studi dan Kepala Bagian. Pucuk dicinta, ulam tiba....dan ternyata gayungpun segera bersambut...para staf pengajar kami sangat mendukung aspirasi tersebut, sehingga dalam waktu singkat sejumlah dana dikucurkan dan masalah perizinan dimuluskan. Akhirnya sekarang Korejat memiliki aktivitas English rutin tiap minggunya, yaitu English Club, yang rutin diselenggarakan pada hari Rabu pk.18.30-pk.20.00 dan bertempat di ruang pertemuan lantai 2, gedung pendidikan UnPad (Gedung Eijkman).  Perlu dicatat, bahwa kursus Inggris tersebut terbilang gratis..tis..tis..bagi Korejaters! Tidak sepeser pun kami keluarkan dari kocek sendiri, karena semuanya didukung oleh departemen. Acara tersebut terselenggara berkat kerjasama dengan lembaga bahasa Inggris profesional, IEDUC (International Education Center), yang berlokasi di Jl.Cimanuk, Bandung. Program yang kami pilih dari lembaga tersebut adalah In-House Training, dengan mentor English-nya adalah ekspatriat. Mentor utama kami rencananya adalah Mr.Josh, ekspatriat dari Kanada, namun saat edisi perdana English Club, ia sedang sakit sehingga digantikan oleh koleganya, Mr.Jim.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                Sejak mendeklarasikan visi-nya sebagai instansi pendidikan yang ingin meraih akreditasi Internasional, maka departemen dan para Korejaters menyadari bahwa kemampuan berbahasa Inggris adalah salah satu syarat utama untuk Go International.  Oleh karena itu, sedikit demi sedikit berbagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mulai diselenggarakan, antara lain menyelenggarakan English Club, forum diskusi Braunwald Reading yang sejak 3 bulan lalu berlangsung dalam bahasa Inggris, dan acara bedsite teaching atau visit dengan konsulen yang  terkadang dilaksanakan dalam percakapan bahasa Inggris. Selanjutnya  departemen menargetkan acara-cara formal PPDS seperti Journal Reading, presentasi referat dan konferensi klinis pasien akan dilangsungkan dalam bahasa Inggris pula.

 

So, are you ready to Go International, Korejaters all ?? Let’s we start and do it!


HOT NEWS